Jalur Pendakian Gunung Prau Dieng (Wonosobo)

Pendakian Gunung Prau - Halo Sobat Pendaki Gunung, pada kesempatan kali ini saya akan share tentang segala hal yang berkaitan dengan Gunng Prau, yaitu sebuah gunung yang mempunyai view yang menakjubkan dan sangat ramah untuk para pendaki pemula, Bagi yang berencana naik gunung prau dalam waktu dekat ini, semoga artikel ini bisa anda jadikan referensi.
Mt. Prau, Dieng, Wonosob

Lokasi Gunung Prau

Gunung Prau berlokasi di Wilayah Dataran Tinggi Dieng, Secara Geografis, Peta Wilayah Gunung Prau berada di dua Kabupaten , yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. untuk lebih tepatnya tentang denah lokasi gunung tersebut, anda dapat melihatnya dari peta /  google maps dibawah ini, Jika dilihat dari ketinggian , Gunung Prau juga terletak di deretan gunung-gunung tinggi di provinsi jawa tengah, sekitar barat daya dari lokasi Gunung Sindoro.


Karakteristik Gunung Prau

 Gunung Prau Merupakan Gunung yang tidak terlalu tinggi, ketinggian nya hanya 2.565 meter dpl, tidak terlalu tinggi untuk ukuran gunung, sangat ramah bagi para pendaki gunung pemula. Selain itu, Gunung prau juga bukan merupakan gunung berapi, lebih nampak seperti deretan bukit-bukit yang berbentuk memanjang. Bagi pendaki gunung pemula, tidak perlu kuatir, kemiringan gunung yang tidak terlalu curam membuat Gunung yang dikenal memiliki pemandangan alam yang indah ini menjadi salah satu primadona dikalangan para pecinta alam. Keadaan alam di puncak prau berupa padang rumput yang berbukit-bukit dengan hanya sedikit pepohonan dan semak-semak, sehingga menyajikan panorama yang indah.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Terdapat tiga jalur pendakian jika anda ingin naik gunung prau, jalur pendakian yang terbagi ke dalam 3 wilayah administratif yang berhubungan dengan Gunung ini, yaitu Jalur Kendal, Jalur Batang, dan Jalur Wonosobo (Dieng).
PENDAKI

Jalur 1  : Jalur Patak Banteng

Jalur pendakian Patak Banteng, Kejajar, Wonosobo  merupakan jalur pendakian yang paling ramai dan mudah, track yang tidak terlalu sulit dan waktu perjalanan yang singkat membuat jalur ini seringkali menjadi pilihan utama. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk dapat mencapai puncak dari gunung Prau. Ada beberapa post yang harus dilewati jika anda memilih melewati jalur ini, yaitu sebagai berikut :
1. Base Camp : Base camp sendiri berlokasi di Desa Patak Banteng, para calon pendaki diwajibkan mendaftarkan diri sebelum naik gunung, disana kita akan memperoleh izin, dan masukan tentang apa-apa yang dilarang dilakukan di puncak dari pihak pengelola, selain itu kita akan dikenakan biaya untuk membayar tiket mendaki gunung. Basecamp juga digunakan sebagai tempat penitipan kendaraan bermotor bagi anda yang membawa kendaran.

2. Pos I : Dari Basecamp menuju post I tidak lah terlalu jauh, sedikit gambaran tentang post I anda akan menjumpai gubug kecil, di post I anda masih bisa menemuai pedagang-pedagang kecil.

3. Pos II : Perjalanan menuju post II dari Pos I membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan jalur yang cukup landai. sedikit gambaran tentang pos II yaitu hanya merupakan lahan lapang yang tidak terlalu luas, diatas pos II anda akan mulai menjumpai hutan yang cukup lebat.

4. Pos III : Perjalan menuju pos III sedikit berbeda, karena jalan menuju Pos III akan lebih menanjak dan lebih terjal, Sedikit gambaran, jalan menuju pos III ini terbilang licin, karena jalan berupa tanah langsung, jadi harap berhati hati ketika anda menuju pos III , untuk mencapai pos III membutuhkan waktu sekitar 40 menitan. Di Pos III ini anda dapat beristirahat dan mengisi kembali tenaga anda, mengingat perjalanan dari pos III ke selanjutnya cukup jauh dan lebih menantang.

5. Bukit Teletubbies : Perjalanan menuju ke bukit teletubbies tidaklah semudah yang dibayangkan, anda akan dihadapkan dengan jalur terjal menanjak, untuk sampai ke bukit teletubbies, membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit, akan tetapi mendekati sampai dibukit teletubbies, anda akan mulai dapat melihat pemandangan yang indah jika anda beruntung, beruntung disini maksudnya cuaca cerah. Setelah anda melewati bukit ini perjalanan melelahkan anda akan segera terbayar dengan pemandangan puncak gunung prau yang indah.
PENDAKI

Jalur 2  : Jalur Kenjuran

Jalur Kenjuran merupakan jalur alternatif ke-dua untuk naik ke puncak prau, Jalur yang notabene merupakan jalur utara ini berada di Desa Kenjuran Kabupaten Kendal, Jarak tempuh jika anda  menempuh jalur ini kurang lebih 5-6 jam perjalanan dimulai dari Desa tersebut. Sedikit review tentang jalur ini, Jalur kenjuran sebenarnya, cukup mudah, anda akan menemui hutan lebat dan semak-semak disepanjang jalur pendakian, jika anda melewati jalur ini, anda dituntut untuk mengikuti jalur yang benar, yaitu jalur yang sudah dibuat oleh para pendaki terdahulu, usahakan jangan keluar jalur, jika anda tersesat, anda akan sulit untuk menemukan jalur utama karena hutan yang masih lumayan lebat dan semak-semak yang tinggi.

Jalur 3  : Jalur Pranten, Batang

 Jalur Pranten ini tidak sepopuler jalur Patak Banteng, dikarenakan jalur ini bukanlah termasuk jalur resmi, jalur pranten sendiri merupakan jalur masyarakat sekitar gunung prau yang digunakan untuk segala aktivitas pertanian di daerah tersebut. Jalur Pranten sendiri memiliki 2 altiernatif, yaitu:

Alternatif I : Pranten – Rejosari – Dieng – tugu perbatasan – Puncak Pemancar
Alternatif II : Pranten – Rejosari – tugu perbatasan – Puncak Pemancar

Alternatif I  jalur pendakian lebih mudah, karena dari rejosari Transit di Dieng dulu baru naik, jalur nya cukup landai, akan tetapi, kekurangan jika anda transit di Dieng yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan kita harus berputar menuju dieng terlebih dahulu

Alternatif II membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan alternatif pertama, akan tetapi, dari rejosari menuju ke tugu perbatasan, jalur nya cukup terjal dan lumayan susah untuk dilalui.

Jadi saran saja, untuk pemberangkatan lebih baik lewat Alternatif II dan untuk jalan pulang bisa menempuh alternatif II, karena akan menghemat waktu.

Yang Menarik Dari Gunung Prau

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Prau, beberapa yang menurut saya menjadi daya tarik saya ringkas dalam beberapa poin dibawah ini:
  1. Gunung Prau cukup ramah bagi para pendaki pemula dengan jarak tempuh yang tidak terlalu lama dan medan yang tidak terlalu sulit
  2. Panorama di Puncak Gunung Prau yang sangat indah yaitu anda dapat melihat gunung-gunung tinggi disekitar gunung prau yang berdiri gagah (Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan gunng lain) bisa anda lihat dengan view yang berbeda
  3. Golden Sunrise dari Puncak Prau
  4. Bukit Teletubbies
  5. Taman Bunga Daisy (Pada Musim Kemarau)
  6. Dekat Objek Wisata - Anda Sekaligus bisa berwisata di Area Wisata Dieng (Sikunir, Telaga warna, Candi Dieng, Kawah Dieng Plateu, Wisata Kuliner Khas Wonosobo dan lain-lain)

Penting!!

 Bagi anda yang berencana nauk ke Puncak Prau, Harap persiapkan sebaik-baiknya segala kebutuhan anda selama perjalanan dan selama berada di puncak (Persiapan Mendaki), jangan sampai hal-hal sepele tapi penting tertinggal.
Perlu anda ketahui, Sepanjang jalan perjalanan menuju puncak prau, TIDAK ADA SUMBER AIR, jadi persiapkan kebutuhan air anda dengan matang, agar tidak terjadi kekurangan air saat di puncak dan perjalanan anda. Sebagai penyemangat, anda bisa baca kata-kata pendaki gunung.


Posting Komentar untuk "Jalur Pendakian Gunung Prau Dieng (Wonosobo)"