Tips Mendaki Gunung untuk Pemula (Persiapan Mendaki Gunung)

Persiapan Mendaki Gunung

Halo sobat Pendaki Gunung tercinta, I love you :v . Pada postingan ini, kita akan membahas tentang Tips mendaki gunung bagi para pemula. Mendaki gunung adalah olahraga yang penuh tantangan, dan juga penuh dengan kejutan, kejutan disini bisa berarti sesuati yang menyenangkan, maupun sesuatau yang bisa di bilang mengecewakan, tapi dibalik itu semua anda akan disuguhi sebuah karya tuhan yang sangat luar biasa.

Bagi para pemula yang tergiur akan foto-foto keren bin cool yang dishare teman2 kalian yang sudah dulu mendaki gunung, tentu hal ini akan membuat anda iri dan pengen sekali naik gunung seperti yang teman sobat lakukan,  nah jika ini adalah pendakian pertama anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yuk langsung saja simak, apa saja sih yang harus disiapkan untuk mendaki??
Fajar menuju ke puncak gunung Rinjani

Tips mendaki gunung untuk Pemula

1. Mengecek Lokasi Pendakian
Yang pertama kali harus pemula lakukan sebelum melakukan pendakian adalah sobat disarankan untuk mengecek terlebih dahulu lokasi mana yang akan anda naiki, gunung apa/mana yang ingin anda taklukan, untuk mengecek lokasi pendakian, anda bisa browsing lewat internet tentang segala macam yang menyangkut gunung yang menjadi tujuan anda, anda juga dapat bertanya kepada teman atau kenalan anda yang pernah naik gunung yang menjadi tujuan anda, tanyakan padanya track nya seperti apa, dan apa-apa yang perlu anda ketahui

2. Olahraga
Olahraga menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan bahkan wajib bagi para pendaki pemula sebelum hari H pendakian, kenapa? pendakian gunung merupakan olahraga yang sangat membutuhkan stamina extra dan menguras stamina, anda dituntut untuk memiliki stamina yang kuat, jalur pendakian yang menanjak dan lokasi yang tinggi tentu akan memberatkan anda jika anda tidak pernah melatih tubuh anda untuk hal ini, perlu anda ketahui, diketinggian gunung kadar oksigen lebih rendah daripada kadar oksigen rata-rata di bawah, jadi persiapkanlah tubuh anda sebaik mungkin.

3. Hindari membawa barang yang tidak penting
 Poin 3 ini harus anda perhatikan baik-baik, persiapkan barang yang akan anda bawa naik gunung seperlunya saja, membawa barang yang kurang atau tidak diperlukan akan menambah beban anda, misalnya saja, jika anda takut kelaparan diatas sana, jangan bawa kulkas anda ke puncak, jangan pula membawa bantal dan kasur, itu tidak penting, dan yang paling penting adalah, bawa air putih yang banyak.

4. Sleeping bag dan Tenda
Sleeping bag dan tenda merupakan poin utama jika anda melakukan kegiatan di alam liar, jangan sampai lupa karena 2 barang tersebut akan digunakan sebagai tempat berteduh dan berlindung anda , 

5. Bawa jaket / pakaian hangat
Jangan mentang-mentang anda tahan dengan udara dingin lalu anda tidak membawa jaket/pakaian hangat, ini menjadi poin penting karena di puncak gunung suhu udara bisa berubah drastis bahkan hingga dibawah 0 derajat celcius.

6. Memakai Ransel (Carrier)
Lebih dianjurkan kepada anda untuk menggunakan Ransel saat ingin naik gunung daripada menggunakan tas biasa, kenapa? karena system dari ransel sendiri akan membuat beban yang anda bawa menjadi terasa lebih ringan, selain itu, sirkulasi udara pada ransel lebih baik.

7. Memakai Sepatu Hiking / Sandal Gunung
Buatlah diri anda senyaman mungkin, karena ini adalah perjalanan jauh, jadi lebih baik menghindari kaki anda lecet2 dengan memakai Sepatu khusus hiking

8. Bawa Perlengkapan Memasak dan Makanan Secukupnya 
 Bawalah peralatan memasak, karena di puncak gunung tidak akan anda temui restoran maupun pedangang, dan juga makanan seperlunya saja, cukup untuk schedule yang telah anda tentukan.

9. P3K
yang tidak kalah penting yaitu perlengkapan P3K, misalnya seperti betadine, kain kasa, salonpas dan lain sebagainya,

10. Jas Hujan
Dikarenakan cuaca dipuncak yang cenderung sulit ditebak dan berubah-ubah dengan sangat cepat, sediakan lah jas hujan sebelum hujan, jangan bawa payung, hahah

Dan yang terpenting dari yang paling penting yaitu persiapan mental anda, percuma jika tubuh anda siap, persiapan yang anda lakukan sudah sempurna, namun mental untuk mengalahkan diri anda sendiri tidak anda persiapkan dengan matang, saya kira anda tidak akan sampai ke puncak tujuan.
Bukan gunung yang harus kita taklukan, melainkan diri kita sendiri
Selamat mendaki dan berhati hati, ... ingat, bukan puncak tujuan terakhir anda, tapi kembali ke rumah dengan selamat adalah yang utama.


1 komentar untuk "Tips Mendaki Gunung untuk Pemula (Persiapan Mendaki Gunung)"

  1. tips yg bermanfaat,
    kujung jg gan
    https://argopurojatim.blogspot.co.id

    BalasHapus