Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Jalur Wekas - Jalur pendakian gunung merbabu via wekas yang akan saya ulas berikut memiliki jalur yang tidak terlalu sulit, bisa dibilang tingkat kesulitan untuk jalur ini adalah "Medium", Tentu bagi pemula maupun profesional, jika ingin melalui jalur ini tidak akan menemui kendala maupun rintangan yang berarti, yang paling penting adalah siapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.
Pengembaraan Sakuntala ank 26 Merbabu & Merapi 2014

Baca Juga : Tips persiapan naik gunung bagi pemula

Selain persiapan yang matang anda juga dapat mendapatkan sedikit motivasi

Ulasan Singkat Jalur Wekas

Wekas merupakan sebuah daerah di Kabupaten Magelang, lebih tepatnya berada di lereng gunung merbabu sebelah barat, dengan wilayah administrativ masuk ke wilayah kecamatan Pakis. Bagi anda yang ingin menaklukan salah satu gunung yang memiliki pemandangan paling indah dan memiliki 7 buah puncak ini, anda bisa melalui jalur pendakian wekas ini.

Untuk mencapai basecamp pendakian dari jalur ini, anda bisa naik bus jurusan Magelang-Salatiga, atau jika anda naik kendaraan pribadi, Dari Kota Magelang anda langsung saja menuju ke arah Tegalrejo ( Tanya orang magelang pasti tahu) lalu terus saja naik hingga mentok sampai ke kecamatan pakis, anda bisa lihat peta di bawah ini, ini adalah denah lokasi salah satu basecamp pendakian gunung merbabu.

Setelah sampai di Basecamp, anda diharuskan melakukan registrasi dan mengurus perizinan untuk naik ke puncak Merbabu dengan biaya kurang lebih Rp 10.000/orang. dan jika anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, anda juga akan dikenakan biaya penitipan kendaraan bermotor, tarifnya tidak terlalu mahal, hanya sekitar 3000/motor.

Sesampainya di Basecamp pendakian, sebaiknya sobat persiapkan segala sesuatunya dengan matang, seperti makan, bawa perbekalan air putih, dan lain-lain yang bisa anda dapatkan di basecamp, istirahat sejenak untuk merecharge energi anda dan jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum mulai perjalanan.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Sedikit gambarang tentang pendakian gunung merbabu akan coba saya jabarkan dibawah ini, rata-rata waktu pendakian yang ditempuh adalah sekitar 8-9 jam perjalanan, tergantung dari si pendaki itu sendiri, untuk lebih jelasnya mari simak

gunung merbabu jalur
Basecamp - Pos II
Basecamp menuju Pos II?? yaps, tidak ada pos I untuk pendakian melalui wekas, menurut sumber yang kami dapat, Pos I sudah lama tidak diaktifkan/tidak digunakan lagi karena jalur pos I dianggap terlalu extrim, jadi pihak pengelola menonaktifkan pos I ini. Pendaki akan diarahkan dari Basecamp langsung menuju ke Pos II karena dianggap jalur langsung lebih landai dari pada harus melalui Pos I, Sedikit gambaran tentang perjalanan dari basecamp menuju pos II, pertama-tama pendaki akan melewati jalan yang tidak terlalu menanjak dari basecamp hingga ke batas ladang/lahan milik warga, hingga sampai ke hutan pinus, jalannya seperti biasa di daerah pegunung, setelah melewati hutan pinus, jalanan mulai menanjak. karena jalur pendakian langsung menuju ke Pos II, waktu tempuh yang dilalui oleh pendaki rata-rat 135 menit perjalanan. Setelah sampai pos II , anda dapat beristirahat dan mendirikan tenda disana, Pos II berupa lahan lapang yang cukup luas.

Pos II - Tugu Perbatasan (Perbatasan Kab. Boyolali - Kab. Semarang)
Setelah istirahat di Pos II dari perjalanan yang melelahkan yang cukup memakan waktu yang panjang, kita lanjutkan perjalanan menuju ke Tugu perbatasan antar 2 kabupaten. Tugu perbatasan ini merupakan jalur pertemuan antara jalur wekas, jalur chuntel, dan jalur kopeng thekelan (jalur tertua pendakian gunung merbabu), di tugu ini kita akan bertemu dengan pendaki lain yang mendaki dari ketiga jalur tersebut, Perjalanan dari Pos II menuju ke Tugu perbatasan membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit, Sedikit gambaran tentang jalan menuju ke Tugu perbatasan dari Pos II, jalanya berupa jalan yang tidak terlalu banyak persimpangan, cukup ikuti saja jalur yang sudah ada, yang melewati hutan-hutan dan semak-semak disepanjang perjalanan.

Tugu Perbatasan - Puncak Trianggulasi (Puncak Kenthengsongo)
Perjalanan dari tugu perbatasan menuju ke puncak kenthengsongo, tidak selalu menajak, kita akan lebih sering melewati jalur yang naik turun, karena jalur yang kita lewati berupa bukit bukit, Perjalanan dari tugu perbatasan anda akan mulai disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa indah, keren dah pokoknya, selain keindahan yang ditawarkan di perjalanan terakhir, tantangan juga akan anda dapatkan, anda akan melewati jalan yang disebut "Jembatan Setan" yaitu jalan berupa tebing yang curam, dan kita harus jalan menyusuri jembatan setan tersebut. Jembatan setan merupakan salah satu icon di gunung merbabu, mungkin karena namanya yang serem:D . setelah kita melewati jembatan setan ini kita akan melewati kawah belerang merbabu, lebih tepatnya berupa kawah putih yang berbau sangat menyengat.

Ada dua kawah yang akan kita jumpai yaitu kawah kecil dan kawah yang lebih besar, para pendaki tidak bisa mengambil sembarang air di daerah sekitar kawah tersebut, ada sebuah pipa kecil di area sekitar kawah, jika anda berniat untuk mengambil air, ambil lah air dari pipa tersebut, jangan dari kawah, ntar mati :D

Lanjutkan perjalanan, sedikit lagi kita akan sampai di puncak gunung merbabu, setelah perjalanan dari kawah, kita akan menjumpai sebuah pertigaan/ persimpangan, jika kita mengambil jalan kiri, kita akan dibawa ke puncak syarif, jika kita ingin menuju ke puncak tertinggi, kita harus memilih jalur yang kekanan, dijalan ke kanan, pendaki akan kembali dihadapkan pada sebuah persimpangan, jika anda mengambil ke arah kanan, kita akan dibawa menuju ke puncak rondorante, namun jika kita mengambil jalan kiri, kita akan sampai ke puncak tertinggi gunung merbabu, tapi , jalan kekiri berupa jurang dan jalan kekanan berupa tanjakan biasa, seperti kata pepatah ...

"Seringkali jalan yang lebih sulit membawa kita ke tempat yang lebih indah... "

Pengembaraan Sakuntala ank 26 Merbabu & Merapi 2014
dan itu terbukti di gunung merbabu, :D , dan sampailah anda di puncak tertinggi gunung merbabu, nikmatilah pemandangan karya tuhan sepuas anda, Estimasi waktu perjalanan dari Tugu Perbatasan hingga ke puncak sekitar 2 jam perjalanan.

dan jangan lupa, bawa turun sampah anda... !!