Penting! Hal yang perlu anda ketahui Sebelum Mendaki Gunung Merbabu via Selo

Selamat pagi, akhirnya bisa posting lagi di ini blog, setelah sekian jam malas-malasan ga jelas. Beberapa waktu lalu saya sempat posting tentang Pendakian gunung merbabu, jalur-jalur pendakian gunung merbabu dan beberapa postingan lainnya, nah untuk melengkapi postingan tentang Gunung Merbabu kali ini, saya akan kasih tau tentang hal-hal apa saja sih yang harus kita ketahui sebelum kita mendaki gunung Merbabu? tujuannya agar persiapan yang kita lakukan lebih matang dan terorganisir dengan lebih baik.
Surrounded by mountains
Sedikit intermezo, Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah, Gunung Merbabu juga masuk ke dalam salah satu gunung yang menurut survey masuk ke dalam salah satu gunung yang memiliki pemandangan terindah. Bagi para pendaki yang pernah menaklukan gunung ini, tentu akan mengiyakan hal ini :D.
Pengembaraan Sakuntala ank 26 Merbabu & Merapi 2014

Untuk mendaki ke Gunung Merbabu, ada beberapa jalur alternatif yang bisa kita gunakan, diantaranya adalah Jalur Kopeng, Jalur Wekas, Jalur Selo dll. Nah, Jalur pendakian Selo, merupakan jalur yang memiliki tingkat kesulitan medium namun menyajikan pemandangan yang luar biasa indah di sepanjang jalur pendakian. Sehingga jalur ini menjadi salah satu jalur ramai yang menjadi pilihan para pendaki untuk mendaki gunung Merbabu.
Nah, Jika kita ingin mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl melalui Jalur pendakian Selo, Berikut hal-hal yang perlu anda ketahui dan persiapkan, disamping anda wajib mempersiapkan fisik anda dengan baik. lets cekidot
  1. Track Panjang Berbonus
    Jalur pendakian Gunung Merbabu melalui Selo, memang memiliki jalur yang panjang, kesiapan fisik di sini dituntut dengan baik agar pendakian berjalan dengan lancar, dan tujuan sampai puncak dan kembali pulang ke rumah dengan selamat bisa kita raih dengan tiada halangan suatu apapun,, eeeaaa :v
    Namun dibalik jalur yang panjang dari jalur Selo yang populer ini, kita akan mendapatkan banyak bonus, Bonus yang dimaksud di sini yaitu kita akan melewati jalur datar, turunan, dan lain-lain, karena jalur pendakian Selo tidak selalu menanjak. Selain itu, jalur pendakian merbabu via selo berupa tanah biasa, kita tidak akan menjumpai trek berpasir di jalur ini.
  2. Tidak ada Sumber Air
    Pendakian Merbabu via Selo, yang harus anda persiapkan dengan baik yaitu bekal Air, di Sepanjang jalur ini, kita tidak akan menemukan sumber air, jadi perhitungkan dengan detail perbekalan Air anda, perhitungan air kita dihitung mulai dari kebutuhunan air selama pendakian, kebutuhan air selama di puncak, dan kebutuhan air selama perjalanan turun. Jangan sepelekan masalah air, atau akan fatal akibatnya :D
  3. Tanjakan Maut
    Selain track datar atau track bonus yang disebutkan pada poin pertama, jalur selo juga memiliki jalur menanjak yang cukup ekstrim, di jalur ini kita akan melewatu sebuah bukit yang memiliki tanjakan yang memang sering disebut oleh para pendaki sebagai tanjakan maut, Tanjakan yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat ini berlokasi di atas Pos Batu Tulis, Setelah anda melewati pos Batu Tulis ini anda akan berhadapan langsung dengan tanjakan yang walaupun tidak terlalu panjang, akan tetapi cukup menguras tenaga para pendaki, tangan, kaki dan keseimbangan tubuh anda harus bekerja sama dengan baik jika anda ingin melewati rintangan yang satu ini, jangan sampai terjatuh dan berhati-hatilah di titik ini.

  4. Padang Sabana Yang Elok
    Di Jalur Selo ini, kita akan disuguhi dengan beberapa titik yang dihiasi padang sabana yang sangat indah, walaupun perjalanan yang kita tempuh sangat panjang dan melelahkan, semua rasa lelah itu akan terobati dengan pemandangan-pemandangan yang menawan dan membuat kita jatuh cinta. Padang sabana yang terlihat cantik ini, memiliki dua titik, yaitu Sabana 1 dan Sabana 2, kita bisa mendirikan tenda di kawasan ini.
  5. Bunga Edelweis
    Jika anda mencari tempat terbaik untuk menikmati Bunga Abadi (Edelweis), Gunung Merbabu adalah salah satu tempat terbaik yang menyajikan pemandangan bunga edelweis di Indonesia. Jika anda mendaki pada musim Edelweis berbunga, anda pasti enggan untuk beranjak dari titik tersebut, Tumbuhnya bunga edelweis tersebar di beberapa titik, diantaranya di Pos Batu tulis, Sabana 1 dan Sabana 2.
  6. Background Gunung Merapi
    Dan yang terakhir, Jika anda mendaki gunung Merbabu melalui Jalur Selo, kita akan mendapatkan bonus lagi yaitu selama pendakian kita akan ditemani oleh Sang Gunung Merapi yang berdiri gagah di belakang kita. Jika kita menghadap ke belakang, kita akan disuguhi pemandangan gunung Merapi yang sangat Indah. Spot ini akan semaki terlihat menakjubkan setelah kita melewati pos batu tulis, di atas pos tersebut, gunung merapi akan nampak dekat dan lebih fantastis. anda harus melihatnya sendiri.
  7. Pengembaraan Sakuntala ank 26 Merbabu & Merapi 2014
Itulah beberapa hal yang bisa anda jadikan perhatian sebelum anda mendaki gunung Merbabu yang sangat WOW banget. :D

Posting Komentar untuk "Penting! Hal yang perlu anda ketahui Sebelum Mendaki Gunung Merbabu via Selo"