Wisata Pantai di Gunung Kidul yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan, Yogyakarta

 Tinggal di Jogja? Kuliah di Jogja? Pengen Liburan ke Jogja? Cari Wisata Pantai di Jogja? berikut ini kita akan kasih referensi pantai mana saja sih yang asyik untuk di kunjungi untuk mengisi liburan anda?
Sebentar lagi lebaran, libur panjang sudah pasti, dari pada diam di rumah saja, mending kita berwisata bareng keluarga besar, ada banyak tempat wisata di daerah jogja, yang tentunya asyik jika wisata kita kali ini barengan keluarga, sodara, sahabat, pacar, calon pacar, gebetan, calon mertua :v, tempat wisata di Jogja misalnya saja Malioboro (wisata shopping), Candi Prambanan, Keraton, dan  Wisata pantai dan masih banyak lagi, di Jogja, hampir semua wisata ada, Namun jika anda mencari vitamin Sea, Yogyakarta adalah gudangnya, tepatnya di kab. Gunung Kidul, gunung kidul terkenal memiliki jalur pantai yang panjang dan memiliki pantai-pantai yang memiliki pemandangan yang Indah, masih sepi, dan masih alami. Tidak hanya pantai Parangtritis saja, tapi di sebelah barat dan timur nya juga terdapat banyak pantai.

Jika dihitung, ada sekitar 18 Pantai di Jogja, termasuk pantai baru yang masih sepi, yang bisa anda jadikan destinasi liburan anda kali ini, ada yang jaraknya dekat, ada juga yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun jika anda berniat ke salah satu pantai tersebut, keindahan pantai yang anda dapati setara dengan perjuangan anda, sangat cocok buat ngadem pikiran :D

Oke, langsung saja, berikut ini adalah beberapa wisata pantai di gunung kidul jogjakarta sebagai alternatif tujuan liburan anda tahun ini.

  Wisata Pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta

  1. Pantai Siung
     Pantai Siung merupakan pantai dengan pasir putih yang memiliki ombak laut selatan yang cukup besar, pantai siung memiliki karang-karang yang cukup besar yang bisa kita lihat di sepanjang Pantai Siung. Ada sebuah karang yang ukurannya cukup besar yang berbentk seperti gigi taring atau dalam bahasa jawanya, Taring = Siung, maka dari itu pantai ini dinamakan Pantai Siung.
    Siung BeachUntuk mencapai Pantai Siung, Kita membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota Yogyakarta, dengan menempuh jarak sekitar 70 km, kita akan sampai di pantai Siung dengan melewati jalan khas gunung kidul yang berkelok-kelo, sempit dan ramai pada musim liburan tiba.
    Pantai yang berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, kec. Tepus ini, selain memiliki pemandangan pantai yang indah, juga sering digunakan untuk ajang olahraga Panjat tebing, di Pantai Siung, ada lebih dari 250 jalur panjat tebing yang bisa kita coba, bagi anda yang hobi panjat tebing maupun hobi tantangan, tidak ada salahnya mencobanya. Selain itu, yang menarik dari Pantai Siung adalah, ada camping ground yang bisa kita gunakan untuk mendirikan tenda dan bermalam di pantai untuk menikmati keindahan pantai pada malam hari.
  2. Pantai Pok Tunggal
    Pok Tunggal Beach - The most famous spotPantai di daerah Gunung Kidul yang lainnya yang cocok untuk kita jadikan tujuan wisata liburan kita kali ini adalah Pantai Pok Tunggal, Pantai yang satu ini sangat indah dan sangat instagramable sekali, Dengan pasir putihnya yang membentang sepanjang garis pantai dan di hiasi tebing tebing tinggi disekitarnya, akan memberikan vitamin Sea yang sangat menyehatkan mata anda. dan yang menjadi ciri khas pantai ini adalah terdapat sebuah pohon di tepi pantai ini yang sangat fotogenik sekali, Jika anda mau mengunjungi pantai ini, pantai ini berada di Kecamatan Tepus.
  3. Pantai Indrayanti
    Pantai Indrayanti
    Pantai dengan pasir putih di gunung kidul lainnya yang bisa kita jadikan tujuan wisata liburan kita yaitu Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti menawarkan Pasir putih yang indah dengan ombak yang tidak terlalu besar. sangat cocok untuk kita berwisata barengan keluarga sambil bermain-main air disana. Pantai Indrayanti Pengelolaannya sudah cukup baik dengan fasilitas-fasilitas yang ada disana, mulai dari cafe, penginapan, restoran dan gazebo lain-lain. pantai ini juga cukup ramai pada musim liburan, namun kita masih bisa jalan-jalan dan menikmati pemandangan disana. Pantai yang sangat cocok untuk bersantai-santai sambil menikmati angin laut.
  4. Pantai Sundak
    Sundak Beach Sky Blue
    Pantai Sundak atau dahulu bernama Pantai Wedibelah Adalah sebuah pantai yang berada di Kelurahan Sidoharjo, Tepus, Pantai di Gunung kidul yang juga memiliki pasir berwarna putih dengan ombak yang tidak terlalu besar, dengan dihiasi tebing tebing karang yang gagah. Untuk mencapai ini kita membutuhkan waktu sekitar 120 menit jika perjalanan lancar dari pusat kota Yogyakarta.
    Ada sebuah cerita di balik nama Pantai Sundak, Sundak merupakan gabungan suku kata antara Su ( yang berarti Asu = Anjing) dan juga Ndak (Landak). yang konon katanya pantai yang dulunya bernama Pantai Wedibelah ini terjadi perkelahian antara seekor anjing dan landak. dan sampai saat ini dijadikan nama Pantai Sundak oleh warga sekitar.
  5. Pantai Krakal
    krakal 2
    Jogja, khusunya Gunung kidul memang terkenal dengan wisata pantai nya, dan pantai yang bisa anda jadikan alternatif liburan anda kali ini yaitu Pantai Krakal yang berada di Kec. Tanjungsari. Pantai Krakal memiliki view pemandangan yang cukup indah dan menyejukkan mata dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat pantai ini cukup ramai bila musim liburan tiba. Pantai Krakal juga memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai, jadi jika anda berniat berwisata ke Pantai Krakal anda tidak akan bingung dengan fasilitas yang ada.
  6. Pantai Baron
    Kukup Beach
    Pantai Baron merupakan pasangan pantai Krakal, seringkali wisatawan menuju pantai Baron harus sepaket dengan pantai Krakal karena memang jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kedua lokasi pantai tersebut.
    Pantai Baron memang sudah sangat terkenal di daerah Yogyakarta, selain fasilitas yang memadai, pantai baron juga merupakan pantai yang dijadikan tempat prosesi sedekah laut yang dilakukan oleh nelayan sekitar setiap tahun sekali.
    Selain itu, Pantai baron memiliki keunikan yaitu pantai yang memiliki Sungai air tawar bawah tanah yang langsung mengalir ke Laut lepas.
  7. Pantai Kukup
    pantai kukup sore hari
    Pantai Kukup, dengan adanya pantai kukup, gugusan tiga pantai yang menjadi destinasi para wisatawan dari luar daerah menjadi lengkap, yaitu Pantai Baron, Krakal, dan Kukup. Ketika pantai ini merupakan pantai yang cukup ramai yang sering dikunjungi wisatawan. Karena lokasi pantai yang berdekatan, memang sering dalam satu perjalanan para wisatawan mampir ke tiga pantai ini.
    Pantai kukup sendiri memilki pemandangan yang elok dengan pasir putih yang lembut. Jika kita mengunjungi Pantai kukup, kita akan serasa mengunjung tanah lot yang berada di bali, yak, pantai Kukup memiliki sebuah karang besar yang menjorok ke lautan lepas. Sehingga sangat mirip dengan Tanah lot :v
  8. Pantai Ngobaran
    Pantai Ngobaran
    Pantai-pantai di gunung kidul memang memiliki ciri khas dengan pantai berpasir putih nya. Salah satunya Pantai Ngobaran, Pantai yang berada di Desa Kanigoro Saptosari ini memiliki beberapa keunikan diantaranya adalah ladang rumput laut milik nelayan di sekitar pantai ngobaran. ladang rumput laut ini jika dilihat dari kejauhan akan nampak seperti sawah yang berada di laut, selain itu keunikan lain dari pantai ini yaitu terdapat 4 rumah ibadah dari 4 agama yang berbeda dengan jarak yang berdekatan.
  9. Pantai Ngrenehan
    100_7795
    Pantai Ngrenehan sebuah pantai di gunung kidul yang sebenarnya memilki pemandangan yang indah dengan background perbukitan di sekitar pantai ini. Pantai yang berlokasi di sebelah timur pantai Ngobaran ini sejatinya merupakan pantai nelayan, dalam artian sering digunakan untuk aktivitas nelayan oleh masyarakat sekitar pantai. Di pantai yang berpasir putih ini kita akan melihat banyak perahu nelayan terparkir di sepanjang pantai.
    Selain itu, pantai ini juga sering digunakan oleh umat hindu warga sekitar pada hari raya Nyepi untuk melakukan upacara Melasti.
  1. Pantai Sepanjang
  2. Pantai Drini
  3. Pantai Sadranan
  4. Pantai Jogan
  5. Pantai Wediombo
  6. Pantai Jungwok
  7. Pantai Sadeng
  8. Pantai Nglambor
  9. Pantai Ngeden

Posting Komentar untuk "Wisata Pantai di Gunung Kidul yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan, Yogyakarta"