5 Tempat Menarik di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok

5 Tempat Menarik di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl  yang terletak di Pulai Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang terletak di Taman Nasional Rinjani Lombok ini, merupakan gunung berapi aktif tertinggi ke dua di Indonesia.
View from Pelawangan I: Salmalas
Gunung Rinjadi Memilik konture geografis yang bervariasi, ada yang datar, bergelombang, berbukit, bergunung dan lain dengan tingat keminringan berbeda-beda. sungguh gunung yang sangat unik, namun juga akan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa indah, Gunung rinjani juga termasuk ke dalam gunung yang memiliki pemandangan terindah di Indonesia, banyak pendaki dari dalam negeri dan luar negeri mengiyakan hal ini. Maka, wajar saja jika gunung ini terkenal hingga luar negeri di kalangan pendaki dan pecinta alam.

Sedikit sejarah singkat singkat tentang Gunung rinjani, dahulu kala diperkirakan gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 5000 mdpl, namun setelah terjadi letusan dan aktivitas vulkaning pada beberapa juta tahun yang lalu ketinggian gunung rinjani berkurang dan membentuk kaldera yang sangat luas. Kaldera tersebut terisi air dan membentuk danau yang disebut Danau Segara anak hingga saat ini. Danau dengan ketinggian 2.010 mdpl ini menjadi salah satu keunikan gunung rinjani, dan tidak di miliki gunung lain di Indonesia.

Letusan yang terdahulu tidak berhenti begitu saja, seperti yang kita lihat sekarang, Jalur lava gunung rinjani masih aktif dan membentuk sebuah gunung baru yang berada di tengah tengah danau segara anak, yaitu Gunung Baru Jari. Sungguh kuasa yang maha Besar yang membuat gunung rinjani dengan pemandangan yang begitu menakjubkan dengan proses yang sangat luar biasa.

Membahasa tentang keindahan Gunung Rinjani, seakan tidak akan pernah bisa di gambarkan dengan kata-kata, hanya mulut yang mengucap kagum :D , Mengesampingkan hal itu, disini saya akan membahas tentang beberapa tempat menarik yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani, Apa saja dan mana saja? namun sebelum itu saya ingin mengajak anda untuk mengetahui Jalur Resmi pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani. Kenapa? karena ini juga cukup penting dan mungkin akan menambah pengetahuan anda tentang Gunung Rinjani

Jalur Resmi Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani ( Rinjani Trekking )
Untuk menjelajahi Gunung Rinjani yang terkenal dengan pemandangan yang eksotis ini, ada beberapa jalur resmi yang bisa kita tempuh, di antaranya adalah :
  • Jalur Senaru
  • Jalur Sembalun

Dari masing masing jalur tersebut, memiliki waktu tempuh yang berbeda beda.

Lanjut Saja, mari kita ketahui 5 tempat menarik yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, NTB


1. Puncak Gunung Rinjani
Puncak Rinjani adalah tujuan yang paling banyak ingin di taklukan oleh para pendaki, anda dapat memilih trek Senaru maupun Sembalun, tujuan tetap di Puncak, kurang lengkap jika kita liburan ke Taman Nasional Gunung Rinjani namun tidak sampai puncak. Ya bagaimana tidak, Puncak rinjani merupakan tempat paling menarik dan memiliki pemandangan terindah. Di sana kita akan melihat pemandangan Danau SEgara anak dan Gunung Baru Jari yang terlihat megah dari atas puncak. Jika anda ingin mencoba ke Rinjani, tentukan waktu antara bulan Juli-Agustus, itulah waktu yang paling tepat untuk pergi ke sana.

2. Danau Segara Anak
Seperti yang saya sebutkan di atas, Danau segara anak adalah danau yang terbentuk karena letusan gunung rinjani purba dan membentuk kaldera, Danau yang berada di ketinggian 2.010 mdpl ini memiliki kedalaman hingga 230meter. anda dapat mencapai spot ini, pemandangan di pinggir danau segara anak sungguh sangat eksotis, anda akan melihat kegagahan anak gunung rinjani dan dinding kaldera yang menjulang tinggi. Tidak hanya itu, anda juga dapat mendirikan tenda di Danau segara anak, karena di area sekitar terdapat lahan yang cukup luas. Tidak hanya itu, tempat menarik disekitar Danau SEgara anak antara lain Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, hingga berendam air panas. unik bukan?

3. Desa Adat Senaru
Jika anda menuju puncak rinjani dengan memilih Jalur Senaru, anda akan melawati sebuah desa adat, ya, desa yang juga menjadi pintu masuk Gunung Rinjani. Di desa adat ini atau basecamp kita bisa melakukan berbagai persiapan sebelum naik ke puncak, disana ada penginapan, restoran dan lain sebagainya untuk menunjang kebutuhan kita. Ada sebuah tradisi unik yang berkaitan dengan rumah adat disana menurut kepercayaan warga sekitar.

4. Air Terjun Sendang Gile
Apa yang menarik dari air terjen ini, ??Air terjun yang berlokasi di Desa Senaru ini merupakan air terjun dua tingkat. Air terjun Sendang Gile memiliki ketinggian sekitar 25 m. di tempat ini anda dapat bermain air sepuasnya dan menyejukan badan anda, karena airnya sangat sejuk khas pegunungan

5. Pemandian Air Panas Sebau

Letih menaklukan gunung rinjani mungkin bisa anda obati dengan berendam di air panas Pemandian Sebau. Sebuah pemandian yang terletak di antara bukit batu dengan fauna yang masih alami ini semakin menarik. menariknya lagi pemandian air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, namun ada salah satu mitos, bahwa setelah selesai mandi, kita harus membuang pakaian kita secara sembarangan, hal ini membuat tempat ini terlihat kotor oleh pakaian bekas mandi.

Itulah beberapa tempat menarik jika anda berkunjung ke Taman Nasional Gunung Rinjani.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Menarik di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok"