Cara Packing Yang Efisien dan Benar untuk Pendaki

Cara Packing Yang Efisien dan Benar untuk Pendaki

Packing menjadi salah satu bagian atau proses yang penting sebelum kita mulai perjalanan mendaki gunung, barang bawaan yang cukup banyak dengan hanya basuk ke dalam satu ransel carier, menuntut kita untuk efisien dan tepat dalam penyusunan barang di dalam ransel. Peralatan, baju, bekala makananan dan lain-lain sebisa mungkin masuk semua dalam satu wadah, jangan sampai ada yang di tenteng. Memang tidak gampang, namun proses packing yang benar akan memperlancar perjalanan untuk sampai tujuan. Lalu bagaimana cara penempatan barang bawaan pada packing yang benar dan efisien? Dengan tujuan semua barang bisa masuk?

Ada beberapa aturan yang harus diterapkan,jangan asal jejal sana jejal sini yang penting masuk semua, aturan dasar adalah anda harus bisa memikirkan barang mana yang paling berat, agak berat, ringan, barang mana yang mau di gunakan terlebih dahulu, dan digunakan belakangan, barang mana yang ringkih? semua harus di klasifikasikan terlebih dahulu untuk mempermudah pada proses packing nantinya.

Coba perhatikan gampar ransel carier di bawah ini, perhatikan tiap warna berbeda yang ada pada gambar...
Bagaimana Cara Packing yang Benar dan Efisien
Dari gambar di atas bisa kita ambil gambaran tentang peletakan barang bawaan berdasarkan warna yang kita pisahkan...

Posisi Warna Merah - Barang bawaan yang Paling berat - pada bagian yang berwarna merah ini, kita isi dengan barang yang memiliki berat paling di atas rata-rata barang lain, Posisi yang langsung menempel pada punggu bertujuan agar barang tersebut tidak goyang atau berayun pada saat perjalanan, karena anda tahu sendiri, barang berat jika di ayunkan tentu akan terasa hentakannya.

Posisi Warna Orange - Memilik berat yang sedang -  Anda bisa mengisi bagian ini misalnya dengan Tenda atau sejenisnya yang juga memiliki ukuran yang cuukup besar

Bagian Warna Kuning - Barang dengan Berat Ringan - Pada posisi warna ini, kita bisa mengisi nya dengan benda atau barang yang memiliki berat ringan, misalnya saja pakaian, sleeping bag, yang sekiranya penggunaannya belakangan, tidak di gunakan pada awal waktu.

Bagian Warna Hijau -  pada bagaian yang  berwarna hijau bisa anda isi dengan barang yang menurut anda paling ringan dan barang yang bisa di ambil sewaktu waktu kapanpun dibutuhkan, misalnya saja headlamp, atau perlengkapan P3K  dan lain sebagainya, yang bersifat mudah dijangkau..

Sedangkan untuk meletakan matras anda bisa dengan cara menggulungnya dan diletakan di atas atau bagian bawah ransel. sesuai kebutuhan anda (diluar tas)

Namun, bagi anda yang merasa tips ini tidak pas dengan pemikiran anda atau tidak cukup membantu, anda bisa menggunakan pemikiran anda sendiri, setiap orang memiliki pemikiran dan gaya masing masing dalam proses packing sesuai selera.
Selain itu bentuk dan ukuran tas carier memmpengaruhi proses packing yang tentunya akan berbeda, namun jika anda menggunakan konsep seperti yang dijelaskan pada halaman ini, prinsipnya sama saja, anda tidak akan mengalamai kesulitan dalam manajemen barang bawaan anda. selamat berpetualang.

Posting Komentar untuk "Cara Packing Yang Efisien dan Benar untuk Pendaki"