Tips Bagi Anda yang Ingin Mendaki Gunung Semeru

Tips Bagi Anda yang Ingin Mendaki Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah sebuah gunung yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Jawa Timur. Gunung yang memiliki Ketinggian 3.675 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini masih tergolong gunung berapi yang Aktif dengan ditandai dengan puncak yang berbentk Kerucut nya dan aktivitas vulkanik yang aktif.
Cloud Ocean in Semeru Mt., East Java, Indonesia
Untuk mencapai puncak Gunung Semeru, Di perlukan waktu tempuh yang cukup lama, di perlukan sekitar waktu kurang lebih empat hari perjalanan pulang pergi untuk menaklukan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa ini. Untuk naik ke Puncak Semeru, anda dituntut melakukan segala sesuatu nya dengan matang, Persiapan mulai dari fisik, mental, biaya, perbekalan haruslah benar-benar di perhitungkan. Jangan asal-asalan, mengingat waktu tempuh yang cukup lama. Bagi sobat yang ingin mendaki gunung ini, saya akan memberikan beberapa Tips yang mungkin berguna dan juga dapat di jadikan pedoman bagi sobat.

Apa saja tips-tips tersebut, mari simak beberapa poin penting di bawah ini :

Tips Pendakian Gunung Semeru

  1. Jika ingin mulai pendakian, mendaki lah pada bulan-bulan yang bagus, yaitu antara bulan Juli-November, Dimana bulan nya musim kemarau, karena pada bulan-bulan tersebut cuaca cenderung cerah dan stabil, dan dukungan cuaca cerah akan memberikan pemandangan puncak gunung yang jelas.
  2. Sebelum Mendaki, latihlah fisik anda secara rutin setiap hari, minimal selama  satu minggu penuh sebelum pemberangkatan pendakian, anda harus rajin berlatih, perjalanan jauh menuju puncak semeru membutuhkan stamina yang prima.
  3. Bawalah Surat Keterangan Sehat, Fotocopy KTP, Dan Materai 6000, persiapkan dari rumah sebelum pemberangkatan, agar pada saat proses registrasi anda tidak terkendala proses administrasi.
  4. Jika memungkinkan, Ajak lah teman, kerabat, saudara yang pernah menaklukan gunung Semeru, atau setidaknya orang yang berpengalaman tentang Gunung Semeru, jika tidak mungkin, pelajari tenteng detail gunung Semeru sebelum berangkat.
  5. Gunakan Sepatu gunung, (jangan sendal gunung) mengapa? karena anda akan melewati jalur berpasir, bisa jadi jika anda memakai sendal gunung, itu akan melukai kaki anda.
  6. Mulai lah pendakian Gunung semeru dari Ranu Pane pada pagi hari, jangan malam hari
  7. Usahakan tetap bersama rombongan anda, dan jangan sampai terpisah dengan rombongan, bisa fatal akibatnya
  8. Jangan pernah mengotori air di Ranu kumbolo dengan sampah, atau bahan kimia seperti odol, sampo dan lain-lain, Ran Kumbolo menjadi sumber air minum/air bersih bagi para pendaki.
  9. Jika anda pendaki pemula, sebaiknya mendaki sampai kali mati saja, akan tetapi, jika anda cukup berpengalaman, bisa lanjut sampai puncak. karena trek nya jauh lebih sulit dan sangat tidak familiar bagi pemula
  10. Mengajak orang yang paham dengan trek sampai puncak Semeru sangat dianjurkan dan sangat penting
  11. Mental menjadi salah satu tembok penghalang bagi para pendaki untuk sampai ke puncak, persiapkan mental anda dan ingat, tujuan anda yang sebenarnya, jika tidak kuat, jangan di paksakan.
  12. Apabila merasa lelah pada perjalanan menuju ke puncak, ada baiknya kasih jalan bagi para pendaki yang berada di belakang anda.
  13. Tetaplah mengkonsumsi makanan, meskipun tidak nafsu makan, itu penting sekali
  14. Jika ada, anda bisa gunakan GPS /trekking pole
  15. Bawalah perbekalan Air yang cukup dan perhitungkan dengan baik dan benar, jika perlu, bawalah minuman penambah energy
  16. Jangan bawa hal-hal yang tidak perlu dan mungkin akan merepotkan selama perjalanan, misalnya saja, gitar, radion tape, binatang peliaraan dll.
  17. Tetap tenang, jika anda tersesat, berbaliklah dan kembali ke jalur semula.
  18. Sebelum berangkat dan pulang, laporlah ke pada petugas yang berada di Ranupane
  19. Dan tips yang terakhir adalah, BAWALAH TURUN SAMPAHMU!!!!

Itulah bebrapa tips untuk mendaki gunung semeru, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Bagi Anda yang Ingin Mendaki Gunung Semeru"