Pertama Naik Gunung?? Baca Tips Berikut

Pertama Naik Gunung?? Baca Tips Berikut

 Mendaki gunung, naik gunung, pendaki cantik, pendaki indonesia dan lain-lain, menjadi sesuatu yang booming akhir-akhir ini, ya, beberapa tahun belakang, Naik gunung menjadi salah satu hobi baru bagi kebanyakan orang. Selain untuk olahraga, naik gunung juga bisa dijadikan untuk merefresh otak yang penat akibat tugas yang menumpuk, Gunung menjadi destinasi liburan atau bahkan menjadi salah satu alternatif wisata murah bagi para pecinta alam, disamping untuk menyalurkan hoby, naik gunung menyajikan eksotisme pemandangan alam yang sungguh luar biasa dan juga tantangan yang tidak terduga dan tidak selalu sama.
IMG_13700_Hehuanshan
 Bagi sebagian orang, puncak gunung menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak ada bandingannya, memang, mendaki gunung itu bisa di bilang susah, gampang juga iya, mengapa bisa di bilang gampang? karena hampir semua orang yang mau, bisa mendaki gunung tanpa terkecuali..Ada banyak gunung di Indonesia, yang tersebar hampir di seluruh penjuru tanah air, mulai gunung yang memiliki ketinggian rendah, sedang, tinggi dengan trek yang mudah, medium, hingga sulit semua ada di Indonesia. Bagi para pemula, yang pertama kali naik gunung, tentu tidak dianjurkan langsung mengambil gunung yang tinggi dengan trek yang sulit, tentu tidak akan sampai puncak, anda sudah harus pulang, untuk pemula, dianjurkan mulai berlatih dari gunung yang rendah dengan trek yang medium, misalnya saja gunung Prau di Wonosobo Jawa tengah, bagi pemula, itu sangat bersahabat sekali.

 Nah, bagi anda yang pertama kali mau naik gunung, ada beberapa tips nih bagi sobat semua, berikut beberapa tips untuk pemula yang baru akan naik gunung untuk yang pertama kalinya,..

 Tips mendaki gunung untuk pemula pertama kali naik gunung.


 Ukur Kemampuan diri anda sendiri
 Naik gunung bukan hanya sekedar berjalan, mendaki, merayap untuk sampai ke puncak dengan membawa beban yang harus anda bawa, beban ringan maupun berat itu sama saja, hanya diri anda yang mampu mengukur tingkat kekuatan anda, namun mendaki tidak soal mengukur kemampuan fisik semata, kita juga di tuntut mengukur kemampuan kita dalam menaklukan ego yang ada pada diri kita, sering kali para pemula tidak sampai puncak karena ego mereka terlalu besar, jika anda berhasil menaklukan ego anda, kemungkinan besar anda dan rombongan anda akan sampai ke puncak tertinggi.

 Siapkan Barang bawaan
 mendaki gunung memerlukan bekal yang harus di perhitungkan dengan seksama, jangan sampai anda kelebihan barang bawaan dengan membawa barang yang tidak dibutuhkan, misalnya saja membawa boneka dan lain-lain, dan jangan pula sampai kekurangan karena bisa fatal akibatnya, pelajari terlebih dahulu gunung yang akan kalian taklukan dan rencanakan dengan matang perbekalan yang akan di bawa, jangan sampai perbekalan malah memberatkan diri anda sendiri bahkan hingga memberatkan teman anda.

 Konsumsi
 Konsumsi menjadi salah satu hal yang penting dan perlu di perhatikan dengan seksama, mau makan apa kita selama perjalanan? banyak sekali pilihan, tapi pilihlah sesuatu yang simple dan tidak ribet, misalnya saja mie instan + sayur + telur, itu sudah cukup, jangan harap seperti makan dirumah, ada ayam nasi lauk dan lain sebagainya., yang penting cukup untk asupan kalori harian anda untuk memenuhi kebutuhan energi selama perjalanan.

 Kondisi Trek Perjalanan
 Jika memungkinkan pelajarilah kondisi trek yang akan kita lalui dari sumber yang dapat di percaya, memang sulit, tapi setidaknya kita bisa meminimalisir kemungkinan yang tidak kita inginkan, bagi yang belum pernah dan ingin mendaki pertama kali, disini semuanya di uji, mulai dari ego, fisik, mental, dengan trek yang tidak terduga, bisakah anda melewatinya, hanya diri anda sendiri yang tahu,..

 Belajar dari Pengalaman orang lain Di Internet banyak saekali kisah atau catatan-catatan perjalan tentang pendakian gunung, anda bisa baca kisah mereka, pelajari dan ambil sesuatu yang dirasa perlu, agar resiko semakin menjauh.

 Hormati lah alam
 Alam juga merupakan ciptaan Tuhan yang Maha Esa, hormatilah alam/gunung , siapapun anda, anda adalah orang asing yang mengunjungi tempat yang bukan milik anda, hormatilah dengan tidak merusak, menjaga, dan tidak mengotori, itu akan jauh lebih baik bagi anda dan alam, dimanapun dan kapanpun.

Posting Komentar untuk "Pertama Naik Gunung?? Baca Tips Berikut"