Gunung Di Jawa Tengah yang Harus Kamu Taklukan

Gunung Di Jawa Tengah yang Harus Kamu Taklukan

Anda seorang pendaki? anda pernah mendaki gunung? anda ingin mendaki gunung? haha kayak bahasa iklan ya, .. ngomong-ngomong soal mendaki gunung, sekarang banyak cowok-cewek naik gunung, pamer foto di puncak gunung, yang membuat  orang lain juga ingin melakukan hal yang sama, walaupun niatnya hanya sekedar pamer foto, tapi muncak menjadi salah satu hobi yang paling populer.
IMG_4325
Saking banyaknya pendaki, komunitas pendaki bermunjulan di setiap daerah, mereka berbondong-bondong mengadakan muncak bareng, sapu gunung dan lain-lain, apapun kegiatannya yang penting positif dan bermanfaat ya, pasti kita dukung :D .

Kembali ke topik, Indonesia merupakan kawasan cincin api dunia, jadi wajar saja kalau di indonesia tersebar banyak gunung dari mulai Indonesia timur hingga Indonesia barat. dan pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang Gunung-gunung di jawa tengah, Di jawa tengah sendiri terdapat banyak gunung, yang dapat membuat hasrat anda terpenuhi. Di Jawa tengah terdapat gunung yang menjadi idola para pendaki. jika kalian seorang pendaki sejati, anda harus menaklukan gunung-gunung tersebut, gunung mana sajakah itu??



Gunung di Jawa tengah yang harus kamu taklukan


Gunung Slamet
Jika anda menjari Gunung tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeruh dengan puncak mahameru lah yang tertinggi, namun jika anda mencari gunung tertinggi di Jawa tengah, gunung Slamet lah jawabanya. Gunung yang masih tergolong aktif ini menjadi salah satu gunung tujuan para pendaki. Jalur pendakian gunung slamet pun tidak bisa di bilang mudah, namun tetap menantang.

Gunung Sindoro
Gunung Sindoro merupakan gunung yang terletak di dua kabupaten yaitu Temanggung dan Wonosobo, Gunung yang memiliki ketinggian 3.150 mdpl ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, hanya tertidur yang menjadi favorit para pendaki. banyak pendaki dari luar dua kabupaten tersebut berbondong-bondong menaklukan gunung sindoro. Untuk mencapai Puncak sindoro ada beberapa pilihan jalur resmi yang bisa anda gunakan, tergantung dari arah mana anda berasal. Di gunung sindoro anda akan menjumpai pemandangan gunung gunung yang berada di sekitar Sindoro yang berdiri tegak berdampingan, di samping itu, di puncak anda akan melewati padang sabana yang di penuhi dengan bunga edelweis.

Gunung Sumbing
Gunung sumbing merupakan pasangan dari Gunung Sindoro, yang sering disebut sebagai Gunung kembar, karena disamping letaknya yang berdampingan ukuran gunung dan tinggi gunung tersebut tidak jauh berbeda, jadi nampak seperti kembar. Jika anda mendaki gunung sumbing tidak mendaki sindoro, atau sebaliknya, rasanya kurang pas, Dari puncak sumbing, anda akan melihat gunung sindoro yang berdiri sangat gagah dan mempesona.

Gunung Prau

Gunung di jawa tengah yang menjadi favorit para pendaki selanjutnya adalah gunung prau, gunung prau ini terletak di sebelah utara gunung sindoro, Gunung ini berbentuk seperti perahu terbalik, memanjang dan tidak memiliki titik api. namun jangan salah, walaupun gunung ini tidak terlalu tinggi, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 -3 jam untk sampai puncak, namun gunung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat-sangat indah. yang menjadi salah satu icon dari gunung prau adalah bukit teletubies yang sangat terkenal. selain itu di gunung prau anda juga dapat berwisata di komplek wisata Dieng wonosobo.

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu menurut beberapa survey kecil-kecilan dengan melibatkan para pendaki, menyatakan bahwa gunung ini menjadi salah satu gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 3.145 mdpl memiliki beberapa keunikan di samping pemandang puncak yang sangat indah. yang pertama adalah gunung ini memiliki 7 puncak dengan puncak tertinggi adalah puncak trianggulasi, selain itu jika anda melalui jalur selo, pendakian anda akan ditemani oleh Gunung Merapi yang terletak di belakang kita yang berdiri gagah dan indah sekali. dan yang lainnya adalah Gunung merbabu memiliki beberapa padang sabana, yaitu Sabana 1 dan sabana 2, yang sangat instagramable .

Gunung Merapi
Bergeser ke arah selatan dari gunung merbabu kita akan menemui Gunung Merapi, Gunung yang memiliki aktivitas vulkanik yang sangat padat ini juga menjadi salah satu favorit bagi para pendaki. Yang menjadi icon di gunung merapi ini adala Pasar Bubrah yang terletak di bawah puncak merapi. jangan salah, meskipun gunung ini tergolong gunung yang sangat aktif namun gunung Merapi menyuguhkan pemandangan yang eksotis

Gunung Lawu

Menuju ke ujung timur jawa tengah, kita akan menemui Gunung Lawu. Gunung lawu adalah gunung yang memiliki segudang kisah mistis, namun di samping itu, gunung ini memiliki view yang sangat sangat indah, sehingga membuat gunung lawu menjadi salah satu gunung yang paling sering di daki oleh para pecinta alam, saking seringnya, banyak pedagang atau warung yang berada di pos pendakian gunung lawu ini.

Gunung Andong
Anda tahu gunung andong? gunung andong adalah gunung kecil di sebelah utara gunung Merbabu. Gunung andong ini sangat bersahabat bagi para pendaki pemula atau orang yang ingin belajar menjadi pendaki. Gunung yang memiliki ketinggian 1.726mdpl ini walaupun kecil, namun akan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. dari puncak andong anda akan melihat gunung gunung besar di sekitar nya yang berdiri gagah dan indah.

Gunung Telomoyo
Berjalan ke utara, kita akan menjumpai Gunung telomoyo. mungkin gunung ini terdengar cukup asing bagi sebagian para pendaki, Gunung yang terletak di kabupaten semarang dan magelang ini memiliki ketinggian maksimal 1.894 mdpl. walaupun jarang yang tahu, tapi dari puncak telomoyo anda akan melihat pemandangan rawa pening yang berada di timur gunung ini yang luas membentang begitu indahnya. dan yang unik , anda dapat mengendarai motor hingga ke puncak.

Gunung Ungaran
dan yang terakhir, gunung yang berada di jawa tengah yang menjadi favorit para pendaki adalah gunung ungaran. Gunung yang memiliki tiga puncak ini memiliki ketinggian 2.050 mdpl. banyak sekali para pendaki yang hanya sekedar camping di gunung ini, karena ada sebuah camping ground yang terkenal. selain itu di lereng gunung ungaran ini terdapat Candi Gedong songo dan beberapa tempat wisata lainnya.

Itulah beberapa gunung yang menjadi favorit para pendaki di jawa tengah, anda tertarik untuk menaklukannya, .... ?

Posting Komentar untuk "Gunung Di Jawa Tengah yang Harus Kamu Taklukan"